Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Content Marketing? Mengenal Lebih Jauh Content Marketing

Apa itu content marketing?
Apa itu content marketing?

Apa Itu Content Marketing - Apapun strategi digital marketing yang akan kamu terapkan, entah itu SEO, sosial media atau video marketing, kamu akan selalu membutuhkan content marketing yang bagus dan menarik.

Sebab dengan pemasaran konten yang bagus dan menarik, kamu tidak hanya menarik pelanggan pada produk kamu. Tapi juga dapat menawarkan nilai atau value dari usaha yang kamu bangun pada audiens. Hal ini jelas membuka peluang besar untuk mengubah mereka menjadi pelanggan setia pada produk atau servismu.

Untuk itu, penting sekali bagi kamu untuk mengetahui seluk beluk content marketing. Agar kamu tidak bingung, kami akan menjelaskan lebih dulu tentang pengertian content marketing, pentingnya content marketing, fungsi content marketing, bentuk content marketing hingga cara mudah membangun strategi content marketing secara lengkap.

Apa Itu Content Marketing?

Untuk menjelaskan apa itu content marketing, kami mengutip salah satu definisi yang paling mudah untuk bisa menjelaskan tentang pengertian content marketing. Berdasarkan Content Marketing Institute Amerika, content marketing adalah:

"Content marketing is a marketing technique of creating and distributing relevant and valuable content to attract, acquire, and engage a clearly defined and understood target audience - with the objective of driving profitable customer action."

Atau bila kita terjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi seperti berikut:

"Content marketing adalah salah satu teknik digital marketing yang membuat dan mendistribusikan konten yang relevan dan berharga guna menarik, memperoleh, dan melibatkan target audience yang jelas dan diriset, dengan tujuan mendorong mereka menjadi pelanggan."

Dari definisi tersebut, ada beberapa poin penting yang mesti Anda pahami terutama tentang content marketing, yakni :

  • Content marketing bisa dianggap sebagai salah satu strategi digital marketing dengan menggunakan konten berkualitas.
  • Content marketing digunakan untuk menarik target audiens yang ditentukan
  • Content marketing digunakan untuk mengubah calon customer menjadi pelanggan, serta mempertahankan mereka
Setelah mengetahui pengertian Content Marketing, hal selanjutnya yang harus Anda ketahui adalah alasan content marketing sangat penting untuk bisnis Anda.

Mengapa Content Marketing Itu Penting?

Memang benar, ada banyak cara supaya Anda dapat memenangkan persaingan dalam digital marketing. Salah satunya adalah dengan menggunakan content marketing. Selanjutnya kenapa kamu harus pilih pilihan konten pemasaran untuk usahamu ?

Karena content marketing adalah dasar sekaligus pelengkap dari taktik Digital Marketing apapun.

Bila Anda pilih untuk bekerja dengan media sosial pemasaran, kamu akan memerlukan content yang berkaitan. Hal sama terjadi saat Anda pilih e-mail marketing atau website: Anda akan memerlukan content sebagai isinya.

Banyak specialist digital pemasaran besar dalam dunia sepakat jika content ialah raja. Dengan memakainya, Anda bisa capai beberapa macam tujuan yang berbeda dengan banyak cara, seperti mengedukasi audiece tentang tata cara memakai produk atau service Anda untuk memecahkan permasalahan mereka.

Anda harus ingat jika sekarang ini audience mempunyai kekuatan untuk memutuskan content mana yang bakal mereka konsumsi. Dalam lautan info yang ada, Anda harus memberikan mereka opsi terbaik bila Anda ingin membuat mereka jatuh cinta dengan brand Anda.

Apa Fungsi dari Content Marketing?

Sebenarnya dari awal artikel ini dibuat, beberapa kali kami sudah menyebuatkan tentang beberapa fungsi atau manfaat dari content marketing. Namun agar kamu tidak kebingungan, sekarang kami akan memperdalam dan melengkapi penjelasan tentang setiap poin yang disebutkan untuk menunjukkan cara kerjanya.

1. Menarik pengunjung dan meningkatkan traffic situs Anda

Membantu orang menemukan perusahaan Anda di antara sejumlah besar informasi yang tersedia secara online merupakan tantangan besar, tetapi dengan menguasai konten dapat membuat Anda dapat ditemukan, terutama untuk mesin telusur seperti Google.

Dengan cara yang sama, konten yang relevan menarik perhatian di media sosial atau kampanye email marketing, membuat lebih banyak orang mengakses situs Anda.

2. Menciptakan value bagi audiens Anda

Konten yang Anda buat dan tawarkan kepada pelanggan Anda tidak hanya berguna, tetapi juga memberikan pesan yang diperlukan kepada orang yang tepat, pada waktu yang tepat yang mereka butuhkan. Ini akan melebihi ekspektasi dan akan mengubah Anda menjadi otoritas tentang subjek tersebut, menghasilkan nilai bagi Anda dan audiens Anda.

3. Melibatkan audiens Anda

Ketika Anda memberikan konten yang relevan dan bermanfaat kepada audiens Anda, mereka akan menganggapnya luar biasa sehingga mereka akan membagikannya dengan teman dan pengikut mereka. Dan itu belum semuanya: orang juga akan berinteraksi dengan konten Anda dengan cara lain, seperti meninggalkan komentar dan reaksi.

4. Menciptakan kredibilitas positif bagi brand Anda

Di luar semua yang Anda baca, percaya atau tidak, konten-konten yang Anda buat dapat membantu audiens pada saat yang dibutuhkannya. Hal ini membuat brand Anda jadi makin dikenal. Dengan makin dikenalnya Anda, maka itu akan mempermudah orang-orang untuk berani membeli produk atau servis anda.

5. Mengedukasi pasar tentang produk dan layanan Anda

Kebanyakan orang bahkan tidak tahu bahwa mereka memiliki masalah dan masalah itu dapat diselesaikan dengan produk atau layanan Anda. Pemasaran Konten mampu mengajarkan audiens bahwa solusi Anda ada dan cara kerjanya.

6. Mendorong audiens menjadi pelanggan

Penjualan adalah tujuan utama sebuah strategi digital marketing. Dari sini content marketing dapat hadir di semua tahap proses pembelian yang mengarahkan audiens Anda hingga keputusan akhir.
Tanpa konten, proses ini dibuat sendiri-sendiri. Hal ini jelas akan membuat lebih sedikit orang yang dijangkau.

Ketika Anda mengadopsi content marketing, Anda memenangkan cakupan yang lebih besar, menjangkau lebih banyak konsumen, tetapi menargetkan mereka dengan sangat efektif.

Seperti yang telah kami katakan, Anda dapat mengajari audiens Anda mengapa mereka membutuhkan produk dan layanan Anda dan dengan cara ini, Anda akan menjual dengan lebih mudah dan dalam skala yang lebih besar.

7. Mengurangi Customer Acqusition Cost 

Customer Acqusition Cost (CAC ) atau dalam terjemahan bahasa Indonesianya "biaya akusisi pelanggan" merupakan salah satu metrik penting tentang total biaya yang diinvestasikan di area marketing dan sales terutama dalam akusisi pelanggan baru.

Dibanding dengan strategi digital marketing lainnya, seperti paid ads, content marketing merupakan salah satu strategi yang memiliki CAC yang murah dan efektif. Selain itu, konten-konten yang diproduksi sendiri bersifat evergreen atau informasi yang disajikan akan memberikan hasil dalam jangka waktu yang lama. Hal ini jelas membuat akan memberikan investasi yang sangat berharga bagi bisnismu.

Berbagai Bentuk Content Marketing

Setelah mengetahui banyaknya fungsi content marketing, hal selanjutnya adalah mengetahui tentang berbagai bentuk atau format konten. Iya, benar. Ada banyak sekali bentuk content marketing yang bisa kamu gunakan untuk membantu meningkatkan penjualan produk atau service dari bisnismu.

1. Blog 
Blog adalah sumber daya terbaik untuk meningkatkan strategi SEO, dan itulah mengapa itu adalah dasar dari strategi content marketing. Funnel ini bertanggung jawab untuk menarik traffic organik dari mesin pencari.

Untuk menulis postingan blog, pertama-tama kamu perlu memikirkan kata kunci konten tersebut. Riset kata kunci sangat penting untuk melihat apa yang dicari audiens Anda. Setelah itu, Anda memerlukan penulis untuk menghasilkan artikel pada blog tersebut.

Di sini, seorang penulis konten, selama bertahun-tahun, menunjukkan bahwa beberapa teknik untuk menulis konten yang membujuk pembaca untuk mengambil tindakan, seperti membeli sesuatu.

Setelah konten ditulis, kamu harus mengoptimalkannya dengan sesuai dengan semua aturan SEO. Optimasi ini adalah kunci utama lain untuk membawa konten Anda ke posisi pertama di mesin pencari.

2. Infografis
Infografis adalah format konten yang membawa informasi kepada pembaca melalui sumber daya visual seperti gambar, vektor, grafik, dan tipografi yang indah dan fungsional.

Fungsi infografik adalah menjelaskan sesuatu dengan cepat dan obyektif, hanya dengan melihatnya dan memahami pesannya tanpa usaha apapun.

Proses pembuatan infografik pada awalnya sama dengan postingan blog, namun setelah ditinjau akan didesain oleh desainer grafis sebelum dipublikasikan. Jenis konten ini dapat ditawarkan di halaman arahan untuk menghasilkan arahan.

3. Video
Agar tetap dapat bersaing dengan kompetitor Anda saat ini, kamu wajib menyertakan video dalam strategi content marketing.

Sangat penting untuk menemukan cara untuk menarik perhatian penonton. Dan video merupakan format yang dapat dikonsumsi dimanapun masyarakat berada, termasuk saat mereka sedang melakukan hal lain, seperti menunggu perawatan medis atau sedang menggunakan transportasi umum.

Video marketing dapat melibatkan audiens kamu dengan cepat dan efisien. Orang-orang mengonsumsi lebih banyak konten video daripada format lain. Ini menjadikan video salah satu jenis konten terbaik untuk digunakan dalam strategi Anda.

Selain itu, menurut Think With Google, 80% orang beralih antara penelusuran video online saat mereka mencari tau produk atau service yang akan dibeli.

Meskipun mereka tidak memutuskan untuk membeli setelah menonton video, mereka tetap di bawah pengaruh video untuk waktu yang lama.

Untuk mendistribusikan video Anda, Anda bisa menggunakan saluran Youtube. Jangan lupa juga untuk melakukan beberapa teknik optimasi yang dapat digunakan untuk menjamin bahwa video Anda akan ditemukan oleh pengguna platform.

Misalnya saja, menggunakan tag, deskripsi video, subtitle, dan tautan ke halaman lain yang terkait dengan konten adalah beberapa tips tersebut.

4. E-books
Ebooks adalah format konten yang sangat baik untuk ditawarkan dengan imbalan beberapa informasi seperti nama dan email. Pengunjung tidak dapat menolak mengunduh jenis publikasi ini, terutama jika topiknya relevan untuk mereka.

Selain mendapatkan informasi konsumen melalui formulir di halaman landing, ebooks memungkinkan Anda mempelajari konten lebih dalam, menjelaskan poin-poin yang tidak dibahas dalam postingan blog biasa. Karena itu, format konten ini adalah paket lengkap sumber daya yang efisien untuk menumbuhkan basis prospek Anda dan, akibatnya, meningkatkan penjualan Anda.
Produksi ebook melibatkan pembuatan dan ulasan teks, seperti posting blog, dan desain oleh desainer grafis.

5 Studi Kasus dan Testimonial

Studi kasus dan testimonial adalah konten terbaik untuk menunjukkan kredibilitas positif untuk sebuah brand. Itulah mengapa mereka sangat penting untuk ditampilkan. Sementara itu, studi kasus menceritakan kisah sukses klien yang didukung oleh kesaksian mereka.

Salah satu karakteristik dari jenis konten ini adalah dapat menyoroti aplikasi dan manfaat yang ditawarkan produk atau layanan Anda. Anda dapat meletakkan studi kasus dan testimonial di situs web company, blog korporat atau bahkan di sosial media.

Untuk menghasilkan studi kasus dan testimonial, Anda perlu mewawancarai klien. Minta mereka untuk berbicara tentang jenis masalah yang mereka coba selesaikan dan tunjukkan bagaimana produk / layanan Anda membantu mereka mengatasi masalah mereka.

6. Sosial Media
Sosial media adalah salah satu channel marketing yang dapat mempromosikan konten yang dipublikasikan di channel lain, seperti blog. Ada beberapa cara untuk memanfaatkan saluran ini, tetapi yang paling menarik adalah menciptakan hubungan dengan konsumen dan merangsang mereka untuk berinteraksi langsung dengan brand yang kami kelola.

Meskipun mereka digunakan untuk mendistribusikan konten dari channel lain, konten media sosial juga dapat berdiri dan berkembang sendiri. Seperti misalnya yang terjadi di Instagram dan Facebook Stories, yang kontennya dibuat secara instan di platformnya sendiri secara eksklusif untuk saluran ini.
Produksi postingan untuk media sosial melibatkan pemilihan gambar berkualitas baik untuk mengilustrasikan postingan dan menulis caption dengan call to action atau ajakan bertindak.

7. Email Marketing
Email marketing merupakan salah satu funnel marketing yang memiliki salah satu ROI terbaik dalam strategi digital marketing. Alasannya sederhana. Bermodal alamat email dari database calon pelanggan, Anda dapat membangun traffic bahkan konversi.

Semua itu dapat dilakukan dengan cara membangun konten email yang menarik dan memikat mereka. Biasanya sendiri email marketing berbentuk newslatter atau email promo yang dapat menggoda pelanggan atau calon pelanggan untuk datang mengunjungi situs Anda.

8. Webinar
Webinar adalah salah satu cara yang bagus untuk menjalin hubungan dengan konsumen Anda serta mendidik mereka. Selama webinar berlangsung ini, Anda dapat menjawab pertanyaan pelanggan secara real-time, selain menggunakan konten yang dibuat untuk menulis postingan blog baru.
Untuk menghasilkan webinar, Anda harus merencanakan agenda dan presentasi tentang mata pelajaran yang akan dipresentasikan. 

9. Podcast
Salah satu content marketing baru yang sedang ngtren adalah dengan menggunakan Podcast.

Berdasarkan Oreblo.com, Podcast adalah bentuk penyiaran audio di web yang dapat didengarkan saat dalam perjalanan, saat bepergian ke kantor atau bahkan saat bekerja. Ini adalah media konten yang tidak membutuhkan semua perhatian audiens target Anda seperti video atau postingan blog.

Ada banyak peluang besar bila kamu memasukan podcast sebagai salah satu strategi content marketing. Selain meningkatkan traffic pada website, podcast juga mampu menjadi strategi contentmu menjadi lebih variatif dan tidak monoton. 

Terakhir, keberadaan podcast, dapat membuat brand kamu bisa menargetkan audience yang lebih suka atau tertarik mencari informasi dengan media audio.

Nah itulah sekilas mengenai apa itu content marketing, fungsi dari content marketing dan berbagai bentuk content marketing yang perlu kamu pahami untuk bisa memenangkan market di dunia digital. 

Pada artikel selanjutnya, kami akan mengupas lebih lanjut tentang panduan membuat content marketing yang tepat untuk bisnis Anda. Sampai jumpa.