Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Rekomendasi Situs Pembuat Logo Online Gratis dan Terbaik 2021

Daftar Situs Design Logo Online Gratis
Daftar Situs Pembuat Logo Online Gratis 

Rekomendasi Situs Pembuat Logo Online Gratis - Kami tahu bahwa harga mendesain sebuah logo untuk perusahaan atau bisnis bisa jadi sangat mahal. Apalagi bila tim kreatif Anda hanya memiliki anggaran kecil, tentu ini menjadi masalah yang besar. 

Pertama, hal ini membuat tim Anda mungkin tidak memiliki software desain yang mumpuni.  Atau paling ironisnya, tim kreatif Anda, terutama grahic designernya tidak memiliki skill untuk mendesain logo sendiri. 

Akan tetapi satu hal yang pasti: desain logo itu sangat penting. 

Karena logo menunjukkan identitas brand atau bisnis Anda, serta menjadi simbol yang mudah diingat tentang siapa Anda.

Kalau sudah begini, bagaimana solusinya? 

Salah satu opsinya adalah menyewa desainer freelance.

Tapi ada opsi lain yang lebih baik dan gratis, yakni mendesainnya sendiri dengan menggunakan situs pembuat logo online gratis.

Dalam situs pembuat logo online, biasanya menyediakan beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan. Jadi silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda, 

Tapi karena ini gratis, tentu ada beberapa keterbatasan yang harus Anda pahami. 

Semoga logo yang anda inginkan bisa dibuat menggunakan salah satu tool yang ada daftar situs ini.

Akan tetapi sebelumnya, secara ringkas, mari kita kenali lebih dulu tentang pengertian logo, manfaat logo dan komponen penting dalam desain logo.

Pengertian Logo

Logo merupakan simbol yang terbagi dalam text dan gambar yang menunjukkan sebuah badan, perusahaan, toko atau bisnis. Logo yang bagus memperlihatkan apa yang dilaksanakan perusahaan dan apa yang dipandang.

Design logo ialah mengenai membuat merk merek visual yang prima untuk sebuah perusahaan. Bergantung pada macamnya, simbol umumnya terbagi dalam lambang atau merk dan tipe simbol, bersama-sama dengan tagline.

Manfaat Logo

Mungkin banyak yang mengira bahwa Logo hanya untuk membuat tampilan terlihat cantik? Hal itu memang benar. Tapi logo juga memiliki banyak fungsi.

Logo yang Unique Membuat Anda Jadi Lebih Mencolok Dari Pesaing

Peran paling fundamental dari sebuah logo yakni memberikan perusahaan atau bisnis Anda unique bila dibandingkan dengan pesaing.

Ini penting apabila perusahaan atau bisnis Anda mempunyai kompetisi tinggi. Saat sebelum Anda memperoleh logo untuk perusahaan atau bisnis Anda, Sebaiknya anda mempelajari seperti apakah performa pesaing Anda hingga Anda bisa menempatkan diri Anda sendiri.

Coba lihat bagaimana simbol Cactus Dental dapat menonjolkan diri dari lautan logo industri dokter gigi dengan ambil feature unik pada geografi mereka dan menggantinya jadi sikat gigi.

Sudah pasti, Anda tidak mau jadi perusahaan atau bisnis yang mainstream, hingga calon konsumen anda jadi tidak mengenali brand Anda bukan?

Logo Menandai Info Penting Mengenai Perusahaan atau Bisnis Anda

Logo yang ciamik memberikan calon konsumen Anda mengenai info penting mengenai perusahaan atau bisnis Anda: seperti area perusahaan atau bisnis Anda berada, service dan product yang Anda tawarkan, target demografi konsumen, serta value dari brand Anda.

Misalkan, perusahaan software biasanya memakai memakai desain circuit ke logo mereka.

Atau memakai warna tertentu untuk menyampaikan info tertentu. Misalkan saja, warna hijau yang memperlihatkan perusahaan atau bisnis Anda memiliki komitmen menjaga lingkungan.

Atau mereka kemungkinan memakai font unik dan stylish untuk menunjukkan sisi mewah.

Salah satunya contoh termudah yakni Anda dapat menyaksikan bagaimana Wild Hearts memakai gambar hati yang ada di dalam buku untuk memperlihatkan jika bisnis penerbitan buku mereka lebih banyak mengarah pada genre novel roman.

Logo Bisa Menolong Mengenalkan Brand Anda Pada Konsumen

Logo memberi ikatan visual dan emosional pada konsumen Anda, terutama keberadaan brand Anda.

Salah satunya contoh gampang ialah Nike, McDonalds, Indomaret dan Alfamart, yang logonya berada di mana-mana hingga dapat segera dikenal tanpa atau dengan nama yang disertakan. 

Tidaklah heran bila logo adalah sisi sentra dari identitas sebuah brand.

Komponen Penting Dalam Desain Logo

Sekarang kita tahu apa fungsi dari logo, sekarang mari kita lihat dari elemen apa logo itu dibuat. 

Sebenarnya tidak ada jawaban pasti. Tapi 99design menguraikan 4 komponen penting yang harus ada dalam desain logo secara umum. 

Tipografi

Dalam soal tampilan, logo umumnya memiliki kandungan beberapa macam komponen tipografi. Biasanya ini terlihat dari penggunaan 1 huruf dengan style monogram, atau singkatan, atau nama lengkap dari perusahaan atau bisnis.

Simbol atau Lambang

Terkadang tipografi disertai dengan simbol atau ikon. Ini dapat mewakili atau terdiri dari beberapa komponen dekoratif seperti garis atau simbol visual, misal bintang kecil atau garis putus-putus yang membentuk gambar tertentu.

Logo Ever South Brewing adalah salah satu logo dengan tipografi yang disertai dengan lambang dekoratif menarik yang memunculkan gambar matahari terbenam dengan tangkai biji-bijian yang tumbuh ke atas.

Warna

Warga logo bisa hitam dan putih, monokrom, atau warna-warni. Yang pasti harus memiliki warna yang sesuai dengan karakter perusahaan atau bisnis Anda.

Contoh Synergy berisi palet warna komplementer penuh warna. Untuk informasi lebih lanjut tentang warna, lihat artikel kami tentang warna pada logo.

Penempatan

Dalam beberapa kasus, logo juga ditentukan oleh penempatannya. Oleh karena itu, penting untuk memikirkan kapan dan di mana logo dapat ditempatkan.

Penempatan ini sendiri ada banyak opsi. Biasanya logo bisnis diletakkan di kartu nama, etalase, iklan, dan flyer.

Daftar Website Pembuat Logo Online Gratis

Setelah mengetahui pengertian logo, manfaat logo dan komponen penting dalam desain logo, sekarang kami juga akan rekomendasikan situs pembuat desain logo gratis yang bisa anda gunakan untuk membangun branding bisnis anda.

Wix Logo Maker

Wix Logo Maker
www.Wix.com

Wix Logo Maker bisa jadi solusi terbaik untuk pertanyaan Anda berkenaan langkah mudah dalam membuat logo untuk bisnis atau perusahaan Anda.

Well, Wix Logo Maker ini dapat diumpamakan sebagai toko serba ada yang paling lengkap untuk membantu Anda mendirikan bisnis atau perusahaan baru.

Pada situs ini, anda bisa bebas untuk menyesuaikan warna, font, text, dan ukuran dari logo.

Kelebihan lainnya terbaik, kamu gak hanya bisa mendesain dan memperoleh logo dengan gratis, tapi juga dapat terima hak komersil penuh, tanpa harus merisaukan siapakah yang menggenggam lisensi hak cipta logo tersebut.

Untuk bisa masuk ke Wix Logo Maker ini, kamu hanya perlu membuat account dengan Wix yang nanti akan untuk terhubung secara otomatis ke opsi pembuatan logo.

Canva

Canva Logo Maker
www.canva.com

Canva merupakan situs design grafis terpopuler sekarang ini. Dia benar-benar populer di market design grafis tanpa dipungut biaya.

Ini tidak terlepas dari feature yang mereka tawarkan, yakni template gratis dan berbayar untuk kebutuhan visual sosial media, logo, seluasan, undangan, kartu nama, dan banyak.

Template yang mereka datangkan sendiri benar-benar mengagumkan dan mempunyai bermacam jenis pilihan baik itu gratis atau berbayar.

Dengan template bawaan dari mereka, Anda tinggal mengganti text, warna, font, dan yang lain supaya sesuai brand Anda.

Anda bisa juga mendownload hasil design Anda ke pola PNG, JPG, atau PDF.

Salah satu kekurangannya ialah desain logo Anda bisa saja mirip dengan orang lain apalagi jika seseorang itu memakai template yang serupa dengan desain logo Anda.

Tetapi dengan sedikit kreativitas, Anda tak perlu khawatir. Anda bisa membuat design logo gratisan bisa terlihat desain logo hasil karya professional.

Zyro Logo Maker

Zyro Logo Maker
www.zyro.com

Zyro Logo Maker ialah situs pembuat logo gratis yang paling gampang dipakai. Karena kamu bisa langsung mendesain tanpa perlu membuat account atau cara lain untuk masuk ke akses mereka.

Selain itu, kamu cukup mengetiikan nama brand, perusahaan atau usahamu. Agar makin bagus, Anda juga bisa menuliskan tagline. Setelah selesai, kamu tinggal mencari opsi logo, dari template yang telah mereka sediakan.

Setelah ketemu opsi logo mana yang sesuai, kamu bisa mengganti bentuk, font, warna, dan ukurannya.

Tailor Brands

Tailor Brands Logo Maker
www.TailorBrands.com

Tailor Brands merupakan situs generator design grafis paling komplet yang bakal menolong kamu untuk urusan membuat logo khusus dan unik untuk bisnis dan perusahaan barumu.

Situs pembuat logo online ini cocok sekalig bagi mereka yang malas mendesain, gak paham soal desain sama sekali atau tidak memiliki jiwa seni sama sekali.

Pasalnya proses pengerjaan logo sendiri dilakukan secara otomatis, didasari pada pertanyaan yang mereka persiapkan di mana Anda perlu jawab pertanyaan mengenai brand, industri, dan lain sebagainya.

Sesudah menuntaskan pertanyaan-pertanyaan tersebut, logo untuk bisnis atau perusahaan barumu sudah ready untuk digunakan. 

Graphic Springs

Graphic Springs Logo Maker
www.GraphicSprings.com

Seperti situs online pembuatan logo lain dalam daftar artikel ini, Graphic Springs menghadirkan bermacam template yang bisa kamu gunakan secara bebas.

Cara menggunakannya sendiri gampang kok. Kamu hanya perlu memasukkan nama perusahaan atau bisnis kamu. Jangan lupa masukkan juga tagline kamu biar tambah keren.
Selanjutnya tentukan kategori visual dan logo yang kamu suka.

Agar terlihat bagus dan terkesan tidak comot template, ubah beberapa bagian seperti font, ukuran dan warna sesuai dengan seleramu.

Untuk menolong kamu, Graphic Springs menawarkan bantuan seperti contoh logo paling baru atau paling populer di situs mereka.

Walau ketika mendesainnya gratis, kamu akan mendapat tagihan sebesar $19,99 bila untuk mendownload design dalam format PNG, SVG, atau JPG.

Tetapi, gak boleh khawatir, pembayaran yang tersebut cuman sekali saja. Jadi next time, kamu bisa mendesain dengan gratis.

Free Logo Design

Free Logo Design Logo Maker
www.FreeLogoDesign.com

Sama halnya dengan Tailor Brands, Free Logo Design membuat pengerjaan logo untuk perusahaan dan bisnis kamu dengan sangat gampang. Kok bisa?

Bisa, dong. Caranya adalah dengan cukup tulis nama perusahaan atau bisnismu, lalu kamu akan disodorkan ribuan template logo gratis dari dari 20 kategori. Bila kamu kurang sreg, kamu juga bisa mengeditnya kok.

Sayangnya ketika kamu akan mengunduhnya, resolusi desain logo gratisan dari situs pembuat logo online ini kurang cukup bagus. Untuk mendapatkan resolusi yang bagus, Anda diwajibkan membayar tiap logo dengan harga $59.

LogoMakr

LogoMakr Logo Maker
www.LogoMakr.com

LogoMakr adalah salah satu situs desain yang keren dan gampang dipakai terutama dalam membuat desain logo bagi perusahaan dan kantormu. Namun sayang jarang yang mengetahui dan menggunakannya.

Sama seperti situs desain online lain, kamu akan diminta mencari bentuk logo yang sesuai dengan selera kamu. Setelahnya kamu bisa mengubah warna, ukuran, teks dan lainnya.

Kerennya, ada opsi smart crop, yang bisa membantu kamu dengan memotong logo Anda dengan rapi. Caranya hanya tinggal upload hasil desainmu ke situs ini. Menarik bukan?

Ucraft

Ucraft logo maker
www.uCraft.com

Sudah ada di urutan ke 8 nih. Tapi belum juga mendapati website pembuat logo yang sesuai keperluan perusahaan atau kantor kamu? Tenang. Kali ini, kami coba rekomendasikan, Ucraft.

Sejatinya Ucraft ialah situs yang menawarkan template website yang responsif dan populer, hosting cloud gratis, dan banyak lagi. Sebagai bonus, mereka juga menyediakan fitur pembuatan logo gratis.

Seperti website lain, situs desain logo UCraft juga dapat mempermudah kamu untuk membuat logo sesuai seleramu. Ada sekitar 220.000 logo gratis yang bisa kamu gunakan secara cuma-cuma untuk membuat logo yang kamu inginkan.

Ketika selesai, kamu bisa mengunduh hasil design dari Ucraf ke format PNG yang memiliki resolusi tinggi dengan gratis!

Online Logo Maker

Online Logo Maker
www.OnlineLogoMaker.com

Online Logo Maker mempunyai tampilan yang simple seperti halnya dengan Graphic Spring.

Anda bisa dengan gampang dan cepat terutama dalam mendesain logo untuk kamu dengan menggunakan beberapa pilihan template dan font dari Online Logo Maker.

Mereka menyedikan ribuan logo dalam ratusan kategori kelompok. Atau jika kamu sudah memiliki rancangan logo sendiri, kamu juga bisa mengupload ke situs ini untuk diperbaiki.

Buatlah akun di situs ini, agar desain logo Anda bisa disimpan.

Seperti halnya situs pembuat logo online lain, Online Logo Maker memiliki dua macam service: gratis dan premium. Pada paket Premium Anda bisa mengunduh logo Anda dengan resolusi tinggi dan beberapa format lain seperti (PNG) atau sebagai vector (SVG).

Designmantic

Designmantic Logo Maker
www.DesignMatic.com

Di urutan ke 10, ada Designmantic. Di situs pembuat logo online ini, kamu tidak perlu repot mencari style logo, tipe font, dan warna. Karena Designmantic telah menyediakannya. Jadi tugas kamu hanya tinggal memilih dan mengeditnya sesuai dengan selera kamu.

Selanjutnya, sama seperti situs pembuat logo online gratis yang ada di daftar ini, kamu tinggal memasukkan nama perusahaan atau bisnis Anda dan dapat memilih aneka template logo dari 30 kategori.

Walau gratis, Sayang, website ini tidak tawarkan unduhan dengan gratis, tetapi Anda harus membayar. Tetapi walau bayar, Anda tidak rugi. Karena kamu bisa memiliki file logo dengan format vector dan beresolusi tinggi.

Shopify

shopify logo maker
www.Shopify.com/tools/logo-maker

Apakah kamu pernah dengar Shopify?

Iya, benar. Shopify adalah salah satu toko online builder yang memudahkan penggunannya membuat situs toko online tanpa harus coding.

Tapi selain menjadi toko online builder, Shopify juga memiliki fitur gratis terutama pembuatan desain logo gratis. Semua itu bisa Anda akses dengan cara pembayaran bulanan alias subscribe.

Meskipun demikian, kamu tidak akan menyesal membeli tools ini. Karena hasil desain logo online sangat bagus.

Logo Type Maker

LogoTypeMaker Logo Maker
www.LogoTypeMaker.com

Situs pembuat logo ini mirip sekali dengan canva. Mereka menyediakan lebih dari 200 font, 1.000 template desain professional, dan lebih dari 600.000 vector yang dapat menolong kamu dalam pengerjaan design logo.

Semua itu disediakan karena Logo Type Maker sadar bahwa Anda bukanlah Desainer Grafis Profesional.

Sisi bagusnya dari Logo Type Maker adalah mereka mengijinkan Anda mengunduh hasil desain logo Anda dengan berbagai format seperti JPG, PNG dan SVG alias Vector. Tak hanya itu, kamu juga bisa mengeditnya kapan saja, tanpa ada batasan waktu.

Nah, jika kamu memilih versi gratisan, kamu memiliki keterbatasan dalam memilih varian logo. Namun itu tidak masalah, karena pada versi gratisnya, varian logo yang disediakan sudah cukup banyak dan bagus.

Design Hill

Design Hill Logo Maker
www.DesignHill.com/tools/logo-maker

Design Hill adalah situs yang sangat lengkap karena ada bermacam service, diantaranya adalah pembuat logo gratis.

Kerennnya, kamu diijinkan memakai ribuan logo, teks dan warna sesuai seleramu. Tak hanya itu, ketika kamu mengunduhnya, kamu tidak dipungut biaya sepeser pun.

Tidak cuman logo, Design Hill juga menawarkan desain grafis lainnya seperti cover untuk facebook, twitter, youtube, QRCode dan masih banyak lainnya. Makanya buruan cobain deh!

Logo Maker

LogoMaker.com logo maker
www.LogoMaker.com

Jauh sebelum populernya Canva, sebenernya sudah ada situs pembuat logo gratis yang menarik dan dipercaya banyak orang. Situs itu tak lain adalah Logo Maker.

Sudah lebih dari satu dasawarsa, Logo Maker eksis dan sudah melayani lebih dari 3 juta pengguna terutama kalangan pebisnis dan pemilik usaha kecil.

Situs Logo Online ini menyediakan lebih dari 10.000 ikon yang bisa kamu akses dengan mendaftarkan diri di akun mereka.

Nah sayangnya, bila kamu ingin mengunduh hasil design logo yang sudah kamu buat, kamu harus membayar agar bisa mendapatkan file dengan resolusi tinggi.

Satu-satunya cara agar Anda bisa mendapatkan gratis, adalah dengan memakai cara memotong (crop) gambar logo Anda dengan snipping tools.

Squarespace

SquareSpace logo maker
www.logo.squarespace.com

Seperti situs pembuat logo online lainnya, Squarespace adalah situs pembuat logo online yang terbaik dan bagus.

Dengan pembuat logo online gratis yang mereka sediakan, kamu bisa menelusuri berbagai template logo yang menarik. Kamu tinggal mengedit template logo tersebut, baik itu dari bentuk, font atau ukurannya.

Kamu bisa mengunduh design logo yang sudah Anda buat dengan gratis, tapi resolusinya rendah. Satu-satunya cara mendapat file desain logo dengan resolusi tinggi adalah dengan membayar $10.

Kesimpulan

Dari 15 situs pembuat logo yang berada di daftar di atas, silakan kamu tentukan situs pembikin logo online gratis yang mana pas dan sesuai seleramu.

Jika dari kami, kami lebih menyenangi canva, khususnya yang premium. Karena kecuali gampang dipakai saat mendesain, template-template yang ada benar-benar menolong pekerjaan kami sekali.

Silakan share akan pengalaman memakai daftar situs pengerjaan logo online gratis yang baru saja kami referensikan.

Selamat mendesain!